Logo Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Wikipedia
Logo Wikipedia dalam tampilan peramban seluler dan aplikasi seluler

Logo Wikipedia adalah sebuah globe tak sempurna yang dihimpun dari potongan-potongan puzzle—beberapa potongan hilang di bagian atas—yang dituliskan dengan glif dari berbagai sistem penulisan berbeda. Karena ditempatkan di laman-laman web versi bahasa Inggris dari Wikipedia, terdapat markah kata "WIKIPEDIA" di bawah globe tersebut, dan di bagian bawahnya terdapat teks "The Free Encyclopedia" (Ensiklopedia Bebas) yang ditulis menggunakan fon bebas dan sumber terbuka Linux Libertine.[1][2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Logo Wikipedia dari tahun 2003 sampai 2010
Kreator logo bernama Paul Stansifer dalam Yayasan Wikimedia di depan patung Wikipedia Puzzle Globe Logo pada Mei 2012

Desain tulisan "WIKIPEDIA" di bawah bola Wikipedia, dengan W dengan A besar, di desain oleh pengguna Wikipedia The Cunctator di kontes logo pada November 2001.[3] Desain awal logo puzzle-globe dibuat oleh Paul Stansifer, seorang pengguna Wikipedia berusia 17 tahun, yang entrinya memenangkan kompetisi desain yang diselenggarakan oleh situs tersebut pada tahun 2003. Pengguna Wikipedia lainnya, David Friedland, kemudian memperbaiki logo dengan mengubah gaya potongan jigsaw sehingga batasnya tampak menjorok dan disederhanakan isinya menjadi satu karakter per potongan, bukan campuran teks multibahasa yang terkesan "tidak masuk akal".[4] Dalam prosesnya, beberapa kesalahan terjadi.[4] Khususnya, salah satu karakter dari aksara Dewanagari, dan karakter dari Katalana Jepang tidak diterjemahkan dengan benar.[5] Juga, karakter China (袓) tidak memiliki hubungan langsung Wikipedia.

Desain bola[sunting | sunting sumber]

Sebagian dari bola Wikipedia terpajang di kantor Wikimedia Foundation.

Setiap puzzle memiliki huruf yang melambangkan multibahasa Wikipedia. Seperti huruf Latin "W", mesin terbang ini dalam banyak kasus adalah mesin terbang pertama atau mesin terbang dari nama "Wikipedia" yang diberikan dalam bahasa tersebut. Huruf-huruf multibahasa dalam bola Wikipedia adalah sebagai berikut:[6]

  • Pada kiri, dari atas ke bawah, adalah huruf Armenia ⟨Վ⟩ v, huruf Khmer ⟨វិ⟩ ve (berbaring pada sisinya), huruf Bengali ⟨⟩ U, huruf Dewanagari ⟨वि⟩ vi/wi, dan huruf Georgia ⟨⟩ v.
  • Di kolom tengah-kiri adalah huruf Yunani ⟨Ω⟩ ō, dan di bawah yang huruf Cina ⟨⟩ wéi, huruf Kannada ⟨ವಿ⟩ vi, dan (nyaris tidak terlihat di bagian bawah) huruf Tibet ⟨ཝི⟩ wi.
  • Di kolom kanan tengah adalah Latin W. Diatas yaitu Jepang ⟨ウィ⟩ ui; bawahnya adalah huruf Sirilil ⟨И⟩ i, huruf Ibrani ⟨ו⟩ v, dan (nyaris tak terlihat di bagian bawah) huruf Tamil ⟨வி⟩ vi.
  • Kolom paling kanan adalah huruf Ethiopia ⟨⟩ wə, huruf Arab ⟨و⟩ w, huruf Korea ⟨⟩ wi, dan huruf Thai ⟨วิ⟩ wi.

Logo saat ini[sunting | sunting sumber]

Karakter huruf yang terdapat dalam tipe logo baru.
Sebuah "Wikiball"

Pada tahun 2007, model 3D yang dimodifikasi dikembangkan oleh Wikimedia Taiwan untuk Wikimania, ketika mereka mendistribusikan puzzle bola berdiameter 3-inci (7,5 cm) berdasarkan logo, yang dapat disatukan oleh para peserta. Itu tidak menambahkan karakter lain pada bagian yang tidak dapat dilihat pada logo 2D, tetapi menggunakan ruang itu untuk memasukkan logo kecil dari proyek saudara dan informasi tentang Wikimania. Varian dari model itu digunakan untuk membuat Wikiball seukuran orang yang berputar di atas dudukan, yang ditampilkan selama acara.[7] Hal ini menyebabkan minat baru dalam mendapatkan model 3D yang tepat untuk logo.

Puzzle Wikipedia 3D dari Wikimania pada tahun 2007

Pada tahun 2007, pengguna di listserv menemukan bahwa logo memiliki beberapa kesalahan kecil. Kesalahan tidak segera diperbaiki, karena menurut Friedland, dia tidak dapat menemukan berkas proyek yang asli. Friedland menambahkan bahwa "Saya telah mencoba untuk merekonstruksinya, tetapi tidak pernah terlihat benar" dan bahwa logo tersebut "harus digambar ulang oleh seorang ilustrator profesional."[4] Kizu Naoko (木津 尚子), seorang Wikipediawan, mengatakan bahwa sebagian besar pengguna Jepang mendukung perbaikan kesalahan. Dalam sebuah e-mail kepada Noam Cohen dari The New York Times, Kizu mengatakan bahwa "Itu bisa menjadi pilihan untuk membiarkan mereka apa adanya. Kebanyakan orang tidak menganggapnya serius dan berpikir logo grafis adalah semacam pot-au-feu dari berbagai huruf tanpa makna."[4]

Pada akhir 2009, Wikimedia Foundation berusaha memperbaiki kesalahan dan memperbarui logo globe puzzle. Di antara kekhawatiran lain, logo asli tidak berskala dengan baik dan beberapa huruf tampak terdistorsi.[8] Untuk logo baru, Wikimedia Foundation menentukan karakter mana yang muncul pada potongan teka-teki "tersembunyi", dan memiliki model komputer tiga dimensi dari bola dunia yang dibuat untuk memungkinkan munculnya pandangan lain.[9] Bola dunia 3D sebagian ditugaskan untuk kantor Wikimedia.[10]

Logo tersebut diluncurkan pada proyek pada Mei 2010. Logo ini menampilkan rendering 3D yang baru dari logo globe puzzle, dengan karakter yang dikoreksi (dan karakter Klingon diganti dengan karakter Ge'ez). Tanda kata telah dimodifikasi dari tipe huruf Hoefler ke tipe huruf Linux Libertine, dan tulisan tidak lagi dicetak miring. Karakter "W", yang digunakan di berbagai tempat lain di Wikipedia (seperti favicon) dan merupakan "bagian khas dari merek Wikipedia", diberi gaya sebagai huruf V yang disilangkan pada logo aslinya, W, sedangkan huruf W dalam Linux Libertine dirender dengan satu baris. Untuk memberikan tampilan tradisional Wikipedia "W", sebuah W yang disilangkan ditambahkan sebagai varian OpenType pada tipe huruf Linux Libertine.[1]

Pada tanggal 24 Oktober 2014, Yayasan Wikimedia merilis logo tersebut, bersama dengan semua logo lain milik Yayasan, di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0.[11]

Pada tanggal 29 September 2017, logo Wikipedia tenggelam ke dasar Danau Sevan di Armenia yang disebabkan dari Wikimedia Armenia dan klub penyelam ArmDiving. Logo tersebut adalah bola dunia yang belum selesai yang terbuat dari potongan puzzle dengan simbol (termasuk huruf "v" Armenia) dari berbagai sistem tanda yang tertulis di atasnya. Logo selebar 2 m, tinggi 2 m (6 kaki 7 inci kali 6 kaki 7 inci) (terbesar di dunia) dibuat di Armenia untuk pertemuan tahunan afiliasi Wikimedia Eropa Tengah dan Timur, Pertemuan Wikimedia CEE bahwa negara diselenggarakan pada Agustus 2016 di Dilijan.[12]

Merek dagang[sunting | sunting sumber]

Logo (sebelumnya) terdaftar sebagai Komunitas Merek Dagang Eropa oleh Wikimedia Foundation Inc. Merek dagang tersebut memiliki tanggal 4 Agustus 1978 pengajuan 31 Januari 2008 dan tanggal pendaftaran 20 Januari 2009.[13]

[sunting | sunting sumber]

Logo bersejarah[sunting | sunting sumber]

Logo istimewa[sunting | sunting sumber]

Hari peringatan[sunting | sunting sumber]

Peringatan jumlah artikel[sunting | sunting sumber]

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Hari libur[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Poll, Philipp H. "New Wikipedia-Logo using LinuxLibertine". Libertine Open Fonts Project. Archived from the original on 2010-06-30. Diakses tanggal 2018-08-09. 
  2. ^ Oma L Gallaga (May 23, 2010), New Globe, User Interface For Wikipedia, NPR 
  3. ^ Ayers, Phoebe; Matthews, Charles; Ayers, Ben (2008). Bagaimana Wikipedia bekerja dan cara agar anda bisa menjadi bagian darinya?. hlm. 47. 
  4. ^ a b c d Cohen, Noam (25 Juni, 2007). "Some Errors Defy Fixes: A Typo in Wikipedia's Logo Fractures the Sanskrit". The New York Times. Diakses tanggal 23 Februari, 2017. 
  5. ^ ""Logo ini adalah Kerja dalam Programnya". The New York Times. 
  6. ^ "Karakter huruf apakah yang dipakai dalam bola puzzle Wikipedia?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-21. Diakses tanggal 2017-09-18. 
  7. ^ It was torn down after the event. See this Category of Commons images for a sense of its size.
  8. ^ ""brand new" about new logo". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Mei 2013. Diakses tanggal 2010-11-12. 
  9. ^ "Wikimedia blog – Wikipedia in 3d". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Mei 2013. Diakses tanggal 2010-11-12. 
  10. ^ The work was done by the Because We Can Diarsipkan 2012-08-31 di Wayback Machine. studio, based on the new digital 3D model.
  11. ^ "Wikimedia Logos Have Been Freed! « Wikimedia blog". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 April 2017. Diakses tanggal 30 April 2015. 
  12. ^ "World's largest Wikipedia logo now sits on bottom of Lake Sevan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-04. Diakses tanggal 2017-10-03. 
  13. ^ "Case details for Community Trade Mark E6671838". ipo.gov.uk. UK Intellectual Property Office. 20 Januari, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari, 2021. Diakses tanggal 18 Desember, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]