Taman Nasional Halimun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Taman Nasional Halimun adalah salahsatu taman nasional yang terletak di Gunung Halimun, Jawa Barat, dan merupakan taman nasional terdekat dari Jakarta.[1] Gunung Halimun membentang di ketinggian 500-2.000 meter, dan memiliki luas sekitar 200.000 ha.

Pada tahun 1935, didirikan kawasan Cagar Alam Gunung Halimun. Kawasan ini dijadikan taman nasional melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 282/Kpts-II/1992 tanggal 28 Februari 1992.

Beberapa spesies tumbuhan mendominasi hutan di Taman Nasional Gunung Halimun, seperti rasamala (Altingia excelsa), jamuju (Dacrycarpus imbricatus), dan puspa (Schima wallichii). Sekitar 75 jenis anggrek terdapat di taman nasional ini. Di taman nasional ini juga terdapat beberapa satwa seperti owa (Hylobates moloch), kancil (Tragulus javanicus javanicus), surili Jawa (Presbytis comata comata), lutung budeng (Trachypithecus auratus auratus), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), macan tutul (Panthera pardus melas), anjing hutan (Cuon alpinus javanicus), elang Jawa (Spizaetus bartelsi), cica matahari (Crocias albonotatus) dan poksai kuda (Garrulax rufifrons).

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]